Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Minggu, 14 Desember 2008

Ilusi dalam Desain Grafis


Secara umum, ada dua kemungkinan pada saat Anda mendesain permukaan dua dimensi, yaitu mempertahankan tetap rata atau membuat ilusi ruang tiga dimensi atau kedalam ruang. Ilusi kedalaman ruang dapat dangkal atau dalam dan dapat tersembunyi atau terproyeksi.

Ukuran dan skala dari bentuk atau obyek memainkan peran penting dalam ilusi kedalaman ruang. Penggunaan ukuran secara efektif dari satu bentuk atau obyek yang menghubungkan dengan bentuk atau obyek lainnya biasa disebut skala, yang membuat elemen-elemen yang muncul mempunyai proyeksi ke depan atau belakang pada gambar.
Iklan dari Land Rover berjudul “Hoopes” menggunakan ilusi. Iklan yang dibuat oleh Young & Rubicam London tersebut, mendapatkan penghargaan pada festival Epica 2003.

Saling tindih antara bentuk atau obyek dapat juga menciptakan ilusi kedalaman ruang. Ketika Anda menindih suatu obyek, maka obyek satu muncul di depan dan obyek yang lain muncul di belakang. Iklan Mura yang menggunakan ilusi yang diciptakan oleh gambar yang menindih gambar yang lain. Iklan yang berjudul ”Bag Catalog” tersebut memenangkan penghargaan Golden Drumstick pada ferival periklanan Golden Drum 2002.

Volume pada sebuah permukaan dua dimensi dapat didefinisikan sebagai ilusi dari bentuk yang mempunyai massa dan berat. Bentuk volumetris, seperti kubus, limas, silinder atau benda yang mempunyai volume dapat menciptakan ilusi kedalaman ruang. Iklan Stella Artois juga menggunakan konsep volumetris. Iklan yang dibuat Lowe London dan berjudul “Sculture” ini mendapat penghargaan “Gold” pada One Show 2003.

Ketika Anda mendesain pada permukaan dua dimensi, seperti pada kertas atau papan, maka Anda memulai dengan permukaan datar yang kosong. Permukaan itu disebut tempat gambar.

Perspektif didasarkan pada gagasan yang berbentuk diagonal bergerak menuju titik pada horison. Titik tersebut biasa disebut titik lenyap. Perspektif merupakan pengecilan gambar yang mengikuti jarak dan membuat ilusi kedalaman ruang. Iklan dari Super Pages, Telephone Directory dengan judul “Chinatown” tersebut mendapat penghargaan “Gold” pada Festival Cannes 2003. Iklan tersebut dibuat oleh Palmer Jarvis DDB, Vancouver.

Anda juga membuat ilusi yang impresif, menyebabkan yang melihat pertama kali dalam keraguan, apakah sesuatu yang digambarkan tersebut nyata atau hanya sebuah gambaran. Efek ini biasa disebut efek Trompe-l’oeil. Penggunaan bayangan yang menindih bentuk dapat membuat efek Trompe-l’oeil itu menjadi indah. Efek tersebut ditunjukkan pada iklan Radiostadja, dengan judul ”Goat Chees”, buatan D’Arcy Musius Benton & Bowles. Iklan tersebut memenangkan penghargaan Golden Drumstick pada festival periklanan Golden Drum 2002. Iklan tersebut ditunjukkan pada gambar 3.22. Learn more
Creative Advertising, New Edition

Ruang Positif dan Negatif


Bila Anda menggambar sebuah bentuk pada halaman, secara otomatis Anda telah membuat sebuah sebuah hubungan ruang positif dan negatif. Gambar atau bentuk merupakan ruang positif, sedangkan ruang kosong pada halaman merupakan ruang negatif atau latar belakang. Maka untuk membuat ruang positif dan ruang negatif sangatlah mudah. Dengan demikian, tidak ada istilah rung itu mati, karena Anda harus melihat ruang itu secara keseluruhan. Tetapi kadangkala, gambar atau bentuk merupakan ruang negatif, sedangkan latar belakang merupakan ruang positif.
Iklan dari Mizuno yang berjudul “Hips”, menggunakan konsep ruang positif dan negatif. Iklan buatan Almap BBDO Sao Paulo Brazil tersebut memenagkan “Gold Lion Campaign” pada festival Cannes 2002.

Iklan Guinness juga menggunakan konsep ruang positif dan negatif. Iklan yang dibuat Leo Burnett Bukares dan berjudul “Positive” ini mendapat penghargaan “Golden Drumstick” pada festival Golden Drum 2003.

Seluruh ruangan, baik positif maupun negatif merupakan sesuatu yang aktif. Dengan memandang ruangan secara keseluruhan, maka Anda dapat melakukan manipulasi seluruh ruangan. Konsep kesatuan dan keseluruhan merupakan aplikasi dari ruang positif dan ruang negatif.
Setiap format mempunyai sebuah bentuk dan ruang yang terbatas. Desainer ingin selalu melihat format sebagai daya kreasi aktif dari ruang positif dan negatif. Masing-masing bentuk atau obyek dipandang sebagai hubungan format satu dengan format lainnya. Sebagian ruangan dan ruang diantara bentuk atau obyek, oleh sebagian desainer dinamakan “pengisian ruang negatif”. Dengan demikian, ruang negatif membuat Anda melihat desain secara keseluruhan, sehingga dapat mengorganisasi ruang sebagai kesatuan secara menyeluruh.

Prinsip Kesatuan


Prinsip kesatuan dalam desain grafis multimedia adalah prinsip bagaimana mengorganisasi seluruh elemen dalam suatu tampilan grafis. Untuk mencapai kesatuan tersebut harus mengerti tentang garis, bentuk, warna, tektur, kontras nilai, format, keseimbangan, titik focus dan ritme. Dengan kata lain, seorang desainer harus mengetahui bagaimana mengorganisasi elemen dan membangun ikatan atau hubungan diantaranya.

Beberapa prinsip untuk membuat kesatuan adalah sebagai berikut :

Hubungan, yaitu mengulang suatu elemen, misalnya warna, arah, nilai, bentuk, tekstur atau membangun suatu gaya, misalnya gaya linier, atau membangun hubungan di atara elemen yang ada. Iklan mobil MINI yang menggunakan prinsip kesatuan yang menggunakan hubungan. Iklan mobil yang berjudul ”Detail Stickers” dibuat oleh Crispin Porter Bogusky. Iklan tersebut mendapat penghargaan Gold pada Festival On Show 2003 untuk kategori iklan majalah.

Grid, yaitu membagi sub bagian dari format ke dalam bagian horizontal dan vertical secara tetap, kolom, margin, dan ruang yang membentuk kerangka untuk mengorganisasi ruang, huruf, dan gambar dalam desain. Iklan dari kebun binatang Zoo De Buenos Aires dengan judul “Polar Bear”. Iklan buatan Del Campo Nazca Saatci & Saatchi, Buenos Aires ini memenangkan “Gold Lion Campign” pada festival Cannes 2003 menggunakan prinsip kesatuan dengan grid.

Kesejajaran, yaitu hubungan visual yang dibuat antara elemen-elemen, bentuk, dan obyek yang mempunyai garis poros yang sama. Iklan dari Microsof untuk sistem operasi Pocket PC 2002 yang menggunakan prinsip kesatuan dengan kesejajaran.

Aliran, yaitu menggunakan prinsip ritme dari bergerak elemen satu ke elemen lain. Iklan dari Energizer deangan judul ”Monster Truck”. Iklan buatan J. Walter Thomson, Puerto Rico ini memenangkan “Gold Winner” pada Hispanic Creative Advertising Awards 2003, menggunakan prinsip kesatuan dengan aliran.

Prinsip Ritme


Di dalam musik, ritme adalah “tempo” rasa perpindahan dari chord satu ke chord yang lain, suatu aliran, pola-pola yang menonjol atau tekanan. Di dalam desain grafik ritme merupakan pola yang diciptakan dengan mengulang atau membuat variasi elemen, dengan pertimbangan yang diberikan terhadap ruang yang ada diantaranya, dan dengan membangun perasaan berpindah dari satu elemen ke elemen lainnya.
Kunci sukses membangun ritme dalam desain grafis iklan adalah mengerti perbedaan antara pengulangan dan variasi. Pengulangan adalah mengulang elemen visual beberapa atau seluruhnya secara konsisten. Iklan dari Open Design Concept dengan judul “Rich” yang memperoleh penghargaan “Golden Drumstick” pada festival Golden Drum 2002. Iklan tersebut menggunakan prinsip pengulangan.

Sedangkan variasi adalah perubahan sejumlah elemen, misalnya warna, ukuran, bentuk, ruang, posisi dan bobot visual dari elemen. Iklan dari perusahaan speda motor Harley-Davidson, menggunakan prinsip ritme yang masuk pada kelompok variasi.. Iklan yang dibuat oleh Leo burnett Praha yang bejudul “Superheroes”, mendapatkan penghargaan Golden Drumstick pada Festival Golden Drum 2003 untuk kategori iklan majalah.

Prinsip Hirarki Visual


Prinsip Hiraki visual merupakan prinsip yang mengatur elemen-elemen mengikuti perhatian yang berhubungan secara langsung dengan titik fokus. Titik fokus merupakan perhatian yang pertama, kemudian baru diikuti perhatian ke yang lainnya. Tiga pertanyaan penting mengenai hirarki visual adalah ”
• Mana yang Anda lihat pertama?
• Mana yang Anda lihat kedua?
• Mana yang Anda liha ketiga ?

Iklan dari Sanitas, Family Plan Medical Insurance, yang pertama Anda lihat adalah gambar Che Guevara, istri dan anaknya, yang kedua tulisan SANITAS dan yang ketiga tulisan SANITAS FAMILIA. Iklan buatan Contrapunto, Madrid ini memenangkan “Gold Lion Campign” pada festival Cannes 2003.
Demikian juga iklan dari minuman Absolute, yang Anda lihat pertama adalah gambar botol, kemudian Anda melihat tulisan “Absolute Appeal”, setelah itu baru elemen yang lainnya. Iklan yang dibuat TBWA Paris ini memenangkan penghargaan “Gold” pada festival Effie 2003.

Selasa, 02 Desember 2008

Prinsip Titik Fokus


Kita dibombardir oleh informasi visual iklan televisi, presentasi multimedia, iklan di internet dan sebagainya. Dengan banyaknya informsi visual tersebut penonton tidak dapat memfokuskan informasi yang diterimanya, maka di dalam mendesain grafik dibutuhkan prinsip titik fokus.
Iklan dari Toyota Lexus menggunakan prinsip titik fokus. Konsumen akan melihai iklan tersebut mulai dari titik fokus pada gambar sepatu besar yang kotor, kemudian baru melihat elemen lainnya. Iklan yang berjudul “Closet”, buatan J. Walter Thomson tersebut memenangkan penghargaan ”Gold” dari Hispanic Creative Advertising Awards 2003.
Iklan Ariel dari Procter & Gamble dengan judul “Ariel Tester”, buatan Saatchi & Saatchi Polandia, menggunakan prinsip titik fokus. Iklan tersebut mendapat penghargaan “Goldenstick” dalan festival Golden Drum 2003.
Demikian juga iklan Durex dengan judul “Lilo”, buatan McCann-Erickson Menchester, menggunakan prinsip titik fokus. Iklan tersebut mendapat penghargaan “Gold” dalam festival Effie 200.