Untuk menetapkan tujuan (mission) periklanan, harus berdasarkan keputusan keputusan sebelumnya mengenai pasar sasaran, penentuan posisi pasar dan bauran pemasaran. Setelah pasar sasaran, strategi penentuan posisi dan bauran pemasaran jelas, baru menetapkan tujuan periklanan. Tujuan periklanan dapat digolongkan menurut sasarannya,yakni, untuk memberi informasi (information), persuasi,atau men¬gingatkan para pembeli, menambah nilai dan membantu aktivitas lain perusahaan.
Iklan informatif tujuannya untuk membentuk permintaan pertama dengan memberitahukan pasar tentang produk baru, mengusulkan kegunaan baru suatu produk, memberitahukan pasar tentang perubahan harga, menjelaskan cara kerja suatu produk, menjelaskan pelayanan yang tersedia, mengoreksi kesan yang salah, mengurangi kecemasan pembeli dan membangun citra perusahaan, biasanya dilakukan besar-besaran pada tahap awal suatu jenis produk. Iklan dari Air Franch dengan judul “Duck” dengan memberikan informasi “Flyng cheaply doesn’t have to mean flyng badly”. Iklan buatan Euro RSCG Paris ini memenangkan Epica Award 2003
Sabtu, 25 Oktober 2008
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar