Minggu, 14 Desember 2008
Prinsip Ritme
Di dalam musik, ritme adalah “tempo” rasa perpindahan dari chord satu ke chord yang lain, suatu aliran, pola-pola yang menonjol atau tekanan. Di dalam desain grafik ritme merupakan pola yang diciptakan dengan mengulang atau membuat variasi elemen, dengan pertimbangan yang diberikan terhadap ruang yang ada diantaranya, dan dengan membangun perasaan berpindah dari satu elemen ke elemen lainnya.
Kunci sukses membangun ritme dalam desain grafis iklan adalah mengerti perbedaan antara pengulangan dan variasi. Pengulangan adalah mengulang elemen visual beberapa atau seluruhnya secara konsisten. Iklan dari Open Design Concept dengan judul “Rich” yang memperoleh penghargaan “Golden Drumstick” pada festival Golden Drum 2002. Iklan tersebut menggunakan prinsip pengulangan.
Sedangkan variasi adalah perubahan sejumlah elemen, misalnya warna, ukuran, bentuk, ruang, posisi dan bobot visual dari elemen. Iklan dari perusahaan speda motor Harley-Davidson, menggunakan prinsip ritme yang masuk pada kelompok variasi.. Iklan yang dibuat oleh Leo burnett Praha yang bejudul “Superheroes”, mendapatkan penghargaan Golden Drumstick pada Festival Golden Drum 2003 untuk kategori iklan majalah.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar