Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Minggu, 14 Desember 2008

Ruang Positif dan Negatif


Bila Anda menggambar sebuah bentuk pada halaman, secara otomatis Anda telah membuat sebuah sebuah hubungan ruang positif dan negatif. Gambar atau bentuk merupakan ruang positif, sedangkan ruang kosong pada halaman merupakan ruang negatif atau latar belakang. Maka untuk membuat ruang positif dan ruang negatif sangatlah mudah. Dengan demikian, tidak ada istilah rung itu mati, karena Anda harus melihat ruang itu secara keseluruhan. Tetapi kadangkala, gambar atau bentuk merupakan ruang negatif, sedangkan latar belakang merupakan ruang positif.
Iklan dari Mizuno yang berjudul “Hips”, menggunakan konsep ruang positif dan negatif. Iklan buatan Almap BBDO Sao Paulo Brazil tersebut memenagkan “Gold Lion Campaign” pada festival Cannes 2002.

Iklan Guinness juga menggunakan konsep ruang positif dan negatif. Iklan yang dibuat Leo Burnett Bukares dan berjudul “Positive” ini mendapat penghargaan “Golden Drumstick” pada festival Golden Drum 2003.

Seluruh ruangan, baik positif maupun negatif merupakan sesuatu yang aktif. Dengan memandang ruangan secara keseluruhan, maka Anda dapat melakukan manipulasi seluruh ruangan. Konsep kesatuan dan keseluruhan merupakan aplikasi dari ruang positif dan ruang negatif.
Setiap format mempunyai sebuah bentuk dan ruang yang terbatas. Desainer ingin selalu melihat format sebagai daya kreasi aktif dari ruang positif dan negatif. Masing-masing bentuk atau obyek dipandang sebagai hubungan format satu dengan format lainnya. Sebagian ruangan dan ruang diantara bentuk atau obyek, oleh sebagian desainer dinamakan “pengisian ruang negatif”. Dengan demikian, ruang negatif membuat Anda melihat desain secara keseluruhan, sehingga dapat mengorganisasi ruang sebagai kesatuan secara menyeluruh.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

artikel yang menarik. terima kasih telah berbagi. aku bener-bener lagi nyari artikel seperti ini.